Hallo! - Selamat Datang
Pasang Iklan | Info | Follow | Donasi
Ikuti saya di facebook
Facebook
Ikuti saya di twitter
Twitter

Dugaan Penyebab Gunung Lawu Terbakar

Selasa, 20 Oktober 2015

Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf mengatakan penyebab kebakaran hutan di Lereng Gunung Lawu wilayah Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, adalah bekas api unggun dari pendaki. Bekas api unggun tersebut diduga dibuat pendaki yang menginap.

para pendaki wajib memastikan kembali bekas api untuk memasak atau api unggun sudah padam jika memang terpaksa membuatnya. Ini agar tidak terjadi kebakaran kembali. "Juga soal peralatan yang dibawa harus disiapkan baik-baik."

Kebakaran hutan itu terjadi Minggu pagi kemarin di jalur pendakian antara pos 3 dan 4. Akibatnya, sekitar 50 pendaki yang hendak turun terjebak kobaran api dengan ketinggian sekitar 5 meter. Mereka panik dan berusaha menyelamatkan diri dengan kembali berjalan menuju ke atas dan melompat ke ranting hutan yang tidak terbakar.


Dita Kurniawan, 18 tahun, pendaki yang selamat, mengatakan kebakaran lahan di tepi jalur pendakian terjadi sekitar 08.30 WIB. Ketika itu, ia dan sejumlah pendaki yang sudah mencapai puncak gunung berjalan turun. Tiba-tiba semak-semak di tepi jalur pendakian antara pos 3 dan 4 terbakar. "Api cepat membesar karena anginnya kencang," ujar Dita.


dikutip dari tempo.com